BMW 5-Series yang didesain ulang untuk debut pada bulan Mei, mulai dijual pada bulan Oktober

BMW 5-Series yang didesain ulang memulai debutnya pada bulan Mei, kata BMW pada hari Rabu, dan kali ini akan menyertakan varian listrik baru untuk diberi lencana i5.

Peluncuran pasar global dikunci untuk bulan Oktober, meskipun waktu khusus untuk pasar AS belum diumumkan. Harapkan Seri 5 baru untuk mencapai ruang pamer lokal sebagai model 2024.

Prototipe untuk 5-Series dan i5 telah terlihat sedang diuji. Yang juga diuji adalah prototipe untuk i5 Touring wagon, serta sedan super M5 generasi berikutnya, yang akan mengemas tenaga hybrid plug-in.

Sementara i5 tidak akan mendapatkan varian M penuh, BMW akan menawarkan versi M Performance untuk dicap sebagai i5 M60. Model ini akan datang standar dengan penggerak semua roda dan peredam adaptif, dan kemungkinan akan memiliki output yang cocok atau mendekati 610 hp dari iX M60.

Prototipe BMW 5-Series

5-Series baru akan mewakili generasi kedelapan dari papan nama tersebut. BMW mengatakan jangkauannya akan lebih dinamis dan lebih nyaman daripada generasi saat ini, dan akan menampilkan dasbor digital yang menjalankan versi terbaru dari antarmuka iDrive (versi 8.5). Pembaruan ditujukan untuk membuat antarmuka lebih cepat dan lebih intuitif untuk digunakan.

BMW juga akan menawarkan versi terbaru dari sistem bantuan pengemudi otomatis untuk jalan raya, yang diberi nama Highway Assistant. Bagian dari paket Driving Assistant Professional, Highway Assistant akan mengendalikan kendaraan dalam satu jalur dengan kecepatan hingga 85 mph pada tipe jalan raya tertentu. Pengemudi masih perlu memantau hal-hal setiap saat dan mengambil alih pada saat itu juga.

Prototipe BMW 5-Series

Asisten Jalan Raya juga akan melakukan perubahan jalur otomatis. Untuk memulai manuver, yang harus dilakukan pengemudi hanyalah melihat kaca spion samping ke arah jalur yang ingin dimasukinya. Sebuah kamera melacak mata pengemudi dan ketika mendeteksi pengemudi sedang melihat ke kaca spion samping, itu akan meminta pengemudi untuk mengizinkan perubahan jalur otomatis, yang kemudian akan dilakukan oleh kendaraan jika situasi lalu lintas memungkinkan. Pengemudi juga dapat memulai manuver menggunakan lampu sein.

Mendasari Seri-5 baru akan menjadi versi terbaru dari platform CLAR BMW Group untuk kendaraan penggerak roda belakang. Selain powertrain gas dan diesel biasa, platform ini mendukung konfigurasi mild-hybrid, plug-in hybrid, dan full electric.

Prototipe BMW 5-Series

Produksi akan ditangani di pabrik BMW Group di Dingolfing, Jerman, mulai musim panas ini. Pabrik yang tahun ini berusia 50 tahun ini juga menjadi tempat BMW membangun Seri 7, Seri 8, dan iX.

I5 bukan satu-satunya BMW elektrik baru yang hadir tahun ini. BMW sedang mengembangkan opsi iX2 elektrik untuk X2 yang didesain ulang yang akan keluar akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *