Starlet Olli: Menyelesaikan Visi

Maria Ahvenlampi selalu tahu bahwa cinta suaminya Olli untuk Toyota Starlet EP70 1986 miliknya sangat dalam.

Olli Ahvenlampi adalah seorang DJ yang menyukai musik tahun 80-an dan mobil tahun 80-an. Dia melihat potensi pada mesin Jepang yang lebih tua ini – terutama Toyota – dan sudah memiliki banyak Starlet sebelum memulai pembuatan ini.

Kembali pada musim gugur 2019, sekitar waktu yang sama ketika Olli menerima diagnosis kankernya, dia, Maria, dan temannya Niko memilih EP70 dari kota terdekat di Finlandia. Itu pabrik hitam, asli dan dalam kondisi sangat baik untuk usianya. Dengan kata lain, titik awal yang sempurna untuk proyek baru.

Olli memiliki rencana dan visi yang ambisius untuk mobil tersebut: sebuah versi ‘2.0’ yang dibangun untuk melanjutkan dari proyek EP70-nya saat itu.

Rencana awal adalah menyelesaikan Starlet tepat waktu untuk American Car & Tuning Show (ACS) 2020 di Helsinki, tempat Olli sudah memesan tempat pertunjukan. Tetapi sedikit Olli bahwa dia akan segera dihadapkan pada ‘skenario kasus terburuk’ dari diagnosis kankernya.

Sebelum penyakit itu menguasai kehidupan sehari-harinya, Olli memvisualisasikan dan membagikan rencananya tentang bagaimana Starlet akan terlihat. Jadi, ketika semua pilihan pengobatan Olli habis di Finlandia, dan dia bepergian dengan Maria ke Belgia untuk uji coba obat kanker pribadi yang baru, teman dan keluarganya terus membangun. Pembaruan terus-menerus yang diterima Olli dari mereka yang turun tangan untuk membantu proyek tersebut memberikan kegembiraan dan kebahagiaan yang sangat dibutuhkan selama masa yang mengerikan ini.

“Pada Mei 2020, the [ACS] acara penyetelan dibatalkan karena pandemi, dan kami langsung tahu bahwa Olli mungkin tidak akan hidup saat ini tahun depan ketika acara akan diselenggarakan lagi, ”kenang Maria. Ini memicu diskusi serius tentang apa yang akan terjadi pada Starlet jika Olli meninggal dunia. Tentu saja, semua orang yang dekat dengannya berjanji untuk melihat pembangunannya sampai selesai.

Pada bulan Juni, Olli masih bisa pergi ke garasi dan menyaksikan secara langsung proyek tersebut mulai terbentuk. Hanya bergaul dengan sahabatnya Riku Tujunen, Teemu Rinne dan Niko Sulander, serta Ville Hämäläinen, adalah waktu yang sangat penting dan memberdayakan di minggu-minggu terakhir Olli, kata Maria. Dia melihat suasana garasi membuat pikiran buruk apa pun terasa jauh.

Saat ini, semua bagian bodywork yang penting dipulihkan dan lengkungan roda belakang yang melebar dilas pada tempatnya.

Olli meninggal dengan damai bersama Maria di sisinya pada 7 Juli 2020. Bintang muda mereka tidak disebutkan selama hari-hari terakhir Olli; tidak ada pertanyaan bahwa itu akan selesai ketika waktunya tepat.

Proyek ini dihentikan sementara untuk sisa tahun 2020 karena semua orang yang dekat dengan Olli menyadari kematiannya. ACS dibatalkan lagi untuk tahun 2021 sehingga tidak perlu terburu-buru membangun, tetapi seiring berjalannya waktu, Starlet perlahan mulai mengambil bentuk akhirnya. Teman-teman Maria dan Olli berkonsentrasi pada eksterior dan interior, meninggalkan stok mesin 1.3L untuk sementara.

Livery ‘oil splash’ HKS yang ikonik sangat cocok dengan Starlet kecil, melengkapi bodywork yang rendah dan lebar. Starlet mengendarai coilovers D2 Racing, menyentuh tanah dengan roda Tramont TY2 yang sesuai dengan periode yang dibungkus dengan ban Toyo Proxes TR1 yang grippy.

Spoiler bibir depan datang langsung dari AE86 sementara side skirt Toyota MR2 dimodifikasi agar sesuai. Spoiler belakang ducktail custom dengan logo Speedhunters katakana dibawa dari EP70 Olli sebelumnya dan terasa sangat selaras dengan temanya, seperti halnya kaca spion.

Interior menerima jok bucket Momo dan tali pengaman TRS, roda kemudi yang dipasang, kenop persneling yang pas gaya, takometer yang sangat dibutuhkan, dan batang penyangga belakang khusus.

Maria mengatakan bahwa setiap menit dari pengalaman pembuatan mobil pertamanya yang sebenarnya – dan rollercoaster emosional yang menyertainya – sangat berharga. Dia tahu bahwa Olli akan bangga padanya dan semua temannya karena menyelesaikan apa yang dia mulai.

Terlepas dari semua kesulitan, liku-liku, akhir pekan pertunjukan American Car & Tuning Show 2022 adalah pengalaman yang benar-benar luar biasa. Maria berkata bahwa dia akan mengingatnya selamanya: suasana, teman baru, dan semua kenangan indah yang dibuat.

Sejak itu, Maria membawa Starlet keluar untuk berkendara setiap kali dia ingin mengingat kembali atau perlu menjernihkan pikirannya. EP70 telah menjadi tempat perlindungan kecilnya, tempat yang dia tahu bahwa Olli bersamanya, dalam semangat, mengendarai senapan di mobil kesayangannya.

Vladimir Ljadov
Instagram: wheelsbywovka
because@wheelsbywovka.com
www.wheelsbywovka.com

Cerita terkait Toyota di Speedhunters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *